LEUKEMIA GRANULOSITIK KRONIK PDF

leukemia granulositik kronik Makalah Leukemia Limfositik Kronik. Makalah Leukemia Limfositik Kronik. Leukemia Myeloid Kronik. ppt LMK. Leukemia. Chronic Myeloid Leukemia (CML) is caused by the BCR-ABL tyrosine kinase, the Leukemia Granulositik Kronik (LGK) disebabkan oleh gen BCR-Abl domain. Hubungan Gambaran Klinis dan Laboratorium Hematologis antara Leukemia Granulositik Kronik Ph (+)/BCR-ABL (+) dengan Bentuk Kelainan Ph/BCR-ABL.

Author: Tojataur Akishura
Country: Antigua & Barbuda
Language: English (Spanish)
Genre: Technology
Published (Last): 24 March 2008
Pages: 424
PDF File Size: 1.69 Mb
ePub File Size: 15.9 Mb
ISBN: 868-1-96340-362-7
Downloads: 74500
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Zulkikus

Kadar besi serum menurun pada anemia defisiensi besi. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan fibrosis paru, hiperpigmentasi, dan penekanan sumsum berkepanjangan yang berlangsung berbulan-bulan. Oleh karena itu, anamnesis lebih ke arah mengeliminasi diagnosis-diagnosis banding yang mungkin muncul untuk mendapatkan diagnosis kerja atau diagnosis pastinya.

Patofisiologi konsep klinis proses-proses penyakit.

Pemeriksaan Penunjang Pemeriksaan penunjang yang penting untuk dilakukan pada kasus hematologi: Leukemia myeloid kronis, Ph negatif. Juvenile chronic myeloid leukemia4. Keringat berlebih ini dipicu oleh hipermetabolisme sehingga bisa menyebabkan intoleransi terhadap suhu panas secara berlebihan, splenomegali, hiperurisemia, tinnitus, bahkan stupor.

Patofisiologi CML adalah kelainan diperoleh yang melibatkan sel batang hematopoietik. Daftar Pustaka Harmening DM. Tonggak terapi standar yang ingin dicapai adalah sebagai berikut: PatogenesisPada leukemia mielositik kronik terjadi hilangnya sebagian lengan panjang dari kromosom 22, yaitu kromosom Philadelphia Ph.

Namun, efek myelosupresi dapat terjadi jauh di kemudian hari dan bertahan lama, yang membuat mempertahankan angka dalam batas normal lebih sulit. Leukemia mielositik kronik yang paling umum adalah disertai dengan ,ronik Philadelphia Ph.

Bentuk eritrosit yang mengecil disebut granulsoitik sedangkan membesar atau di atas 92 fL disebut makrositik. Gagal sumsum tulang Bone marrow failure. Riwayat Obat-obatan Pemeriksaan Pemeriksaan Fisik – – – Granulosiitik Pada pasien ditemukan konjungtiva anemia dan sklera non-ikterik Leher Leher pasien normal tidak ada perbesaran kelenjar tiroid dan kelenjar getah bening, tidak ada benjolan dan tanda-tanda radang PF thorax inspeksi, palpasi, perkusi, auskultasi Dalam batas-batas normal PF abdomen Pada pasien ditemukan splenomegali schuffner 3, hepar dan organ lain dalam batasbatas normal.

  CHARISMA VS CHARISMANIA CHUCK SMITH PDF

Leukemia myeloid kronis, Ph positif. Nyeri perut kuadran kiri atas bahkan menjalar ke bahu kiri digambarkan sebagai nyeri dengan kualitas “mencengkeram” mungkin terjadi akibat infark limpa.

Diagnosis CML ditegakkan melalui pemeriksaan hapusan darah tepi dan analisis sumsum tulang. Kontrol Diri pada pasien dengan Nyeri Kronis Documents. Pasien juga mengeluh sering demam dan keringat dingin terutama pada malam hari.

Leukosit yang diproduksi saat keadaan LGK adalah abnormal, tidak menjalankan fungsi imun yang seharusnya. Apakah disertai batuk kronis?

Lelah, lemah, atau sesak napas yang dipicu anemia Nyeri di bawah tulang rusuk sebelah kiri karena pembesaran limpa Pembesaran hati Kulit pucat Mudah memar Mudah berdarah Keringat berlebihan saat tidur berkeringat di malam hari Demam Sering infeksi Nyeri tulang 3.

Pasien yang lebih muda mungkin mengalami bentuk yang lebih agresif dari CML, seperti pada fase akselerasi atau krisis blast.

Leukemia Granulositik Kronik

Pasien mengaku tidak ada riwayat paparan radioaktif. Apakah disertai dengan turunnya berat badan secara drastis? Oleh sebab itu penyakit ini sering disebut juga dengan Leukemia mielositik kronik.

Dampak kedua mekanisme di atas adalah terbentuaknya klon-klon abnormal yang akhirnya mendesak system hematopoiesis lainnya. Myelofibrosis tanpa Sumsum tulang hiperplastik penekanan aktivitas seri lain dengan Myelofibrosis merupakan salah satu penyakit kelainan darah yang sangat jarang ditemui 2: Apabila dibuat urutan berdasarkan keluhan yang diutarakan oleh pasien, maka seperti terlihat pada Tabel 1.

Insiden LGK di Negara barat: Reaksi leukemia limfositik dapat terjadi pada tuberkulosis, pertusis, dan mononukleus infeksiosa sehingga sering pada anak-anak namun dapat hilang dengan sendirinya.

Remember me Forgot password?

leukemia granulositik kronis dengan AIHA

Limpa besar dapat mengganggu pada lambung dan menyebabkan cepat kenyang sehingga asupan makanan berkurang. Pada usia 18 bulan: Fase kronik stabil atau fase awal.

Nefron ginjal rusak akibat – keganasan leukosit sehingga tidak merespon baik ADH dan timbul diabetes insipidus. Hasil dari pemeriksaan ini adalah mengetahui dominasi sel setiap sel induk, kelainan morfologi, dan gangguan pematangan inti. Hitungan darah awal sel dimonitor setiap minggu, dan dosis disesuaikan tergantung pada jumlah WBC dan platelet. Gambaran tepi yang dihasilkan menyerupai leukemia walaupun tetap merupakan reaksi terhadap keadaan non hematologik.

  EENADU CHITTOOR EDITION PDF

Karena imatinib mengikat ke domain kinase ABL dikonformasi tertutup atau tidak aktif untuk menginduksi perubahan konformasi, resistensi terjadi ketika mutasi mencegah domain kinase dari mengadopsi konformasi spesifik terhadap ikatan.

Berdasarkan skenario, pasien mengeluh lemas sejak 2 bulan SMRS, disertai demam dan keringat dingin pada malam hari.

Leukemia Granulositik Kronik – PDF Free Download

Dampaknya adalah terbentuknya klon-klon abnormal yang mendesak sistem hematopoiesis. CMML, bersama dengan penyakit lain yaitu tipikal leukemia mieloid kronik dan leukemia myelomonositik juvenile dimasukkan ke kategori campuran, yaitu penyakit myelodisplastik-myeloproliferatif. Temuan fisik leukositosis dan hiperviskositas dapat terjadi pada beberapa pasien, dengan ketinggian luar biasa, lebih dari Kromosom ini dihasilkan dari translokasi t 9;22 q23;q11 antara kromosom 9 dan 22, akibatnya bagian dari protoonkogen Abelson ABL dipindahkan pada gen BCR di kromosom 22 dan bagian kromosom 22 pindah ke kromosom 9.

Selain itu pasien merasa cepat kenyang dan begah. Dalam batas-batas normal Splenomegali adalah penemuan fisik yang paling umum pada pasien dengan leukemia myelogenous kronis CML.

Gejala klinis yang ditimbulkan hampir sama dengan CML, adanya abnormalitas darah menyebabkan hipermetabolisme, anemia, serta perbesaran limpa.

Penatalaksanaan Tujuan pengobatan leukemia myelogenous kronis CML meliputi: Dengan presentasi yang lebih kecil, penyakit ini dapat pula menimpa semua kalangan umur. Sumsum tulang gagal memproduksi sel – darah merah dalam umlah yang memadai, yaitu: Dalam situasi ini, demam biasanya berhubungan dengan infeksi.